Makassar, Toddopuli¬†| Forum Group Diskusi (FGD) dengan Tema “Peran Media, LSM, Ormas Masyarakat Dalam PPDB 2022 yang digagas oleh Media Online Indonesia (MOI) dan dilaksanakan di Aula SMK-SMAK Makassar (Sekolah Menengah Kejuruan – Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar) Kementerian Perindustrian RI, Kamis (09/06/2022).

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Harpansa, M. Pd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan membuka secara resmi FGD.

Dalam sambutannya Harpansa menyampaikan bahwa tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun ini perbedaan tersebut diantaranya: pelaksanaan PPDB untuk SMK dilaksanakan lebih awal dibanding SMA, khusus untuk pembiayaan jaringan (provider) tidak lagi menggunakan Anggaran Dana BOS karena anggarannya telah di anggarkan melalui APBD Sulsel.

See also  Kontroversi SE Kadisdik Gowa Terkait Penerapan PTM 100% Vaksin Covid-19

Lebih lanjut Harpansa mengatakan dalam pelaksanaan PPDB 2022 ini apabila ada ditemukan operator PPDB tingkat Sekolah yang dengan sengaja melakukan perbuatan curang. Maka akan diambil langka tegas, termasuk jika didapati ada calon siswa melakukan manipulasi data domisili dan sertifikat prestasi.

Harpansa selaku ketua panitia PPDB2022 mengapresiasi pelaksanaan diskusi ini karena dihadiri Media, LSM dan Ormas. Kegiatan ini sangat membantu disdik SulSel. Terima kasih kepada Kepala Sekolah SMK SMAK yang memfasilitasi tempat kegiatan.

Mirdan Mirdin selaku ketua MKKS Makassar mengatakan PPDB 2022 tahun ini berdasar arahan pimpinan. Dilaksanakan secara transparan dan berjenjang sehingga jika ada permasalah sedapat mungkin diselesaikan ditingkat satuan pendidikan.

See also  SOP Tugas & Wewenang PPK Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017

Ketika ada kendala dalam pelaksanaan PPDB Sedapat mungkin diselesaikan ditingkat sekolah sebelum Naik ke cabang dinas. Kalau tidak memungkinkan baru penyelesaiannya di Dinas Pendidikan Provinsi.

Turut hadir dalam FGD ini diantaranya, Kepala Sekolah SMK-SMAK Makassar, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 20 Makassar, Ketua PW-MOI, Ketua LSM Perak, Ketua GMBI, Ketua LANN, Sekjen L-Kompleks serta sejumlah Perwarta dari berbagai Media Online yang ada di Sulsel.

Sementara Kepala Sekolah SMK SMAK Makassar Drs. Baktiar Rahmani, M.Si. mengatakan terima kasih SMAK bisa di jadikan tempat Diskusi PPDB 2022. Kami juga bisa mengenal dan bersilaturahmi dengan Dinas Pendidikan, LSM, ORMAS dan teman teman Pewarta cetak dan Online.

See also  Proyek Kandang Ayam UH Progres Pekerjaan Kurang 50%, Lsm Somasi, PPK Wajib Putuskan Kontrak

Menurut Muslimin ketua MOI SULSEL kegiatan ini terbuka untuk umum. Panitia diskusi hanya mengundang 30 peserta untuk offline serta membuka online lewat zoom sehingga harapannya sosialisasi ini bisa efektif dan diketahui publik secara luas. (**)

- A word from our sposor -

Harpansa Buka FGD Dalam Rangka PPDB 2022