Gowa, Toddopuli | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ikut melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos) di Desa Bontoramba Kecamatan Pallangga, Jum’at (30/12/2022).

Adnan dalam sambutannya mengaku menyambut baik dibangunnya Gedung Fakultas Pertanian Unibos di Kabupaten Gowa. Menurutnya tentu ini akan membantu Pemerintah Kabupaten untuk memajukan pertanian di Kabupaten Gowa.

“Apabila Universitas Bosowa mau mengembangkan pertanian di Kabupaten Gowa maka saya Pemerintah Kabupaten Gowa memberikan apresiasi dan terima kasih,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Apalagi kata Adnan, pertanian menjadi sektor unggulan Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan bahwa 60 persen Kabupaten Gowa adalah sektor pertanian. Begitupun saat pandemi Covid-19 perekonomian Kabupaten Gowa bisa tetap tumbuh positif di saat semua dearah di Sulsel mengalami kontraksi ekonomi.

See also  Kembali L-Kompleks Temukan Dugaan Korupsi Pada RSKD Ibu dan Anak Pertiwi

“Kita bisa tumbuh walaupun hanya 1 persen. Ini karena Kabupaten Gowa merupakan penopang seluruh pertanian perkebunan khususnya hortikultura untuk masyarakat ada di Makassar dan daerah lainnya.

Lanjut Adnan, pertanian harus terus dikembangkan untuk menjawab peluang yang ada. Salah satu peluang yang harus ditangkap katanya, di Gowa ini adalah kebijakan Pemerintah Pusat untuk memindahkan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur.

Peluang ini harus bisa diambil Sulawesi Selatan khususunya Kabupaten Gowa untuk menjadi penyuplai kebutuhan dan lumbung pangan bagi Ibukota Negara baru di Kalimantan Timur.

“Kalau ini mampu kita tangkap dengan baik maka kita mampu mempertahankan Kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan, sebagai lumbung pangan Indonesia. Kalau kita mampu mempertahankan Gowa dan Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan, maka yang terpenting adalah perbaiki pertanian kita,” ungkapnya.

See also  Lsm Somasi Tanggapi Ancaman dr. Arman Bausat Yang Akan Somasi Lsm Somasi

Selain itu, Adnan juga berharap kehadiran Gedung Fakulatas Pertanian Unibos ini di Kabupaten Gowa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya yang ada di Kecamatan Pallangga. Olehnya itu, kedepan ia berharap ada desa dan kelurahan binaan Fakultas Pertanian Unibos di Kecamatan Pallangga.

“Kalau ada desan san kelurahan binaan, maka mahasiswa Fakutas Pertanian Universitas Bosowa bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang di dapat di tengah-tengah masyarakat. Kalau ada desa dan kelurahan yang sukses di Kecamatan Pallangga ini, yakin dan percaya kecamatan lain akan mencontoh,” tambahnya.

See also  Toddopuli Indonesia Siapkan Posko Pengaduan Proyek Jenelata Gowa

Sementara itu, Founder Bosowa, Muh Aksa Mahmud mengatakan Gedung Fakultas Pertanian Unibos di Kabupaten Gowa akan memiliki fasilitas lengkap seperti laboratorium. Dirinya berharap mahasiswa Fakultas Pertanian Unibos bisa langsung praktek.

“Jangan lagi melahirkan alumni yang banyak teori, tapi lahirkanlah yang banyak praktek. Lebih banya berpraktek dari pada teori. Semua alumni lahir sebagai orang dan keluar siap pakai,” ungkapnya.

Turut hadir Rektor Unibos, Prof. Batara Surya bersama civitas Fakultas Pertanian Universitas Bosowa, Camat bersama desa dan Lurah se-Kecamatan Pallangga. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan aset Kebun Pallangga Gowa kepada yayasan Bosowa Universitas Bosowa. (JN/**)

- A word from our sposor -

Adnan Berharap, Gowa Bertahan Sebagai Lumbung Pangan Indonesia